bang GanTeNk

26 Des 2008

01@. INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER



1. Help
Ketika anda melakukan proses Koreksi terhadap record atau data yang tersimpan dalam database, aplikasi ini akan meminta anda memasukkan isian pada text box no. pelanggan dengan catatan isian yang dimaksud telah tersimpan sebelumnya. Setelah anda memasukkan isian tersebut, maka sesaat kemudian akan muncul data sesuai dengan no. pelanggan yang diisikan, sehingga anda akan lebih mudah untuk mengetahui data-data yang lain. Contoh:


Selain itu, contoh penerapan help pada aplikasi ini juga dapat anda lihat pada proses penampilan isi record atau data yang tersimpan dalam database. Ketika anda menekan tombol Cetak, maka layar seperti tampilan di bawah ini akan muncul seketika.


Sedangkan text box yang berada di sebelah label Aktif digunakan untuk memberikan informasi bagi anda mengenai proses yang sedang berjalan atau aktif pada saat itu juga. Misalkan yang aktif pada saat itu adalah proses penambahan data, maka akan muncul:


2. Question & Answer (Q & A)
Q & A adalah dialog tanya jawab yang mengacu pada sistem menu, di mana setiap interaksi hanya membutuhkan satu atau dua baris dalam tampilan. Terdiri dari sebuah pertanyaan dan serangkaian pilihan jawaban dari pengguna. Digunakan hanya bila input yang diharapkan sangat terbatas seperti dalam otomatisasi pembayaran di bawah ini.
Ketika anda menjalankan tombol Hapus, maka anda akan diminta memasukkan isian pada text box no. pelanggan dengan catatan isian tersebut berupa data yang telah tersimpan sebelumnya. Setelah itu, akan muncul sebuah kotak dialog yang akan menanyakan sekali lagi mengenai seberapa yakin anda akan menghapus data tersebut.


Contoh lainnya yaitu ketika anda melakukan proses penjumlahan dengan cara menjalankan tombol Tambah terlebih dahulu, maka sesaat kemudian anda akan diberikan kesempatan untuk mengisikan data-data seperti halnya anda menjawab pertanyaan pada formulir pembayaran.


3. Error Message
Salah satu tujuan dari pembuatan user interface adalah untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pengguna. Sebuah interface juga diharapkan untuk dapat memberikan penanganan yang mudah terhadap kesalahan-kesalahan yang muncul karena hampir tidak mungkin bagi anda untuk menyembunyikan kesalahan.
Salah satu cara untuk menangani kesalahan dalam suatu perancangan perangkat lunak adalah dengan memanfaatkan error message. Pada aplikasi ini, penanganan kesalahan melalui error message dapat anda lihat pada proses penyimpanan data. Ketika anda menekan tombol Simpan, maka sistem akan meminta untuk mengisikan text box pada no. pelanggan. Apabila text box tersebut belum terisi tetapi anda sudah menjalankan proses penyimpanan, maka error message akan muncul seketika untuk memberikan informasi bahwa no. pelanggan harus diisi terlebih dahulu.


4. Documentation
Dokumentasi dianggap sebagai sesuatu yang menyediakan informasi tentang suatu subjek. Dokumentasi dapat berisi tentang deskripsi-deskripsi, penjelasan-penjelasan, cetakan hasil komputer, dan lain-lain. Penting kiranya untuk terus-menerus memberikan informasi kepada orang mengenai segala perubahan dalam suatu sistem yang telah ditetapkan.
Pada aplikasi ini anda dapat melihat contoh dokumentasi ketika menjalankan proses penyimpanan, yaitu apabila no. pelanggan yang diisikan sudah pernah tersimpan sebelumnya, maka akan muncul informasi bahwa data tersebut sudah ada dan tidak dapat menyimpan untuk kedua kalinya.


Dan pada proses Koreksi dan penghapusan, yaitu apabila no. pelanggan yang diisikan belum pernah tersimpan sebelumnya, maka akan muncul informasi bahwa data tersebut tidak ada dan anda harus memasukkan data yang sudah pernah tersimpan sebelumnya dalam database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar